Lebaran di Jakarta, ke Kepulauan Seribu Saja!

Tetap berdiam di Jakarta saat libur Lebaran, sebab satu dan lain hal, bukan berarti tak bisa merasakan liburan panjang. Setelah Lebaran, ibukota selalu seru untuk anda nikmati. Di utara Jakarta, terdapat Kepulauan Seribu yang menakjubkan. Inilah 10 rekomendasi pulau yang wajib didatangi di Kepulauan Seribu:

  1. Pulau Semak Daun: Pulau ini hanya ditumbuhi semak-semak dan pepohonan. Pulau ini memiliki pantai yang landai, jernih, berpasir putih dan halus. Jika ingin bermalam di pulau ini, kemah adalah satu-satunya keputusan. Tapi tak jauh dari pulau ini ada Pulau Pramuka yang dapat dijadikan lokasi rekomendasi untuk bermalam setelah puas merasakan indahnya Pulau Semak Daun.
  2. Pulau Tidung: Pulau Tidung terkenal dengan Jembatan Cinta yang menjadi salah satu harapan wisata dengan fasilitas yang sangat memadai. Jembatan Cinta merupakan jembatan yang menyatukan Tidung Besar dan Tidung Kecil. Jembatan ini sangat sering digunakan uji nyali bagi mereka yang sanggup melompat dari ketinggian kurang lebih 6 meter dari atas permukaan laut.
  3. Pulau Bira: Pulau yang berada di Kepulauan Seribu ini menyajikan panorama yang eksotis dan tidak banyak didatangi wisatawan. Dibutuhkan waktu 3 jam menuju ke pulau ini dari Dermaga Muara Angke dan transit di Pulau Pramuka. Berikutnya perjalanan diteruskan dengan kapal nelayan yang cuma muat 10-15 orang kira-kira 2 jam.
  4. Pulau Pari: Pulau ini berada tak jauh dari Pulau Tidung dan adalah pulau yang di tempati oleh sejumlah penduduk. Pulau Pari memiliki pantai yang sangat jernih yaitu Pantai Perawan yang masih terjaga dengan baik. Di pulau ini juga ada pusat pelestarian rumput laut yang menggalang kehidupan warganya serta jadi tempat penelitian kekayaan laut (LIPI).
  5. Pulau Harapan: Pulau ini amat terkenal dengan keelokan terumbu-terumbu karang yang menjadikan pecinta bawah laut nyaman berlama-lama buang-buang waktunya di pulau ini. Tepi pantai yang bersih dan panoramanya yang indah bisa membuat orang lupa dengan penatnya peradaban kota. Di Pulau Harapan ini dapat dijumpai pengembangbiakan Elang Bondol, salah 1 jenis elang yang sungguh dijaga kelestariannya.
  6. Pulau Putri: Pulau lainnya yang tidak kalah Bagus untuk didatangi di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Putri. Jelas Sama semacam pulau-pulau lainnya, di pulau ini kita pun dapat merasakan indahnya panorama laut di Taman Nasional Laut Pulau Seribu yang mempesona. Di pulau Putri telah ada beberapa resort yang dapat dipakai untuk menginap para wisatawan.
  7. Pulau Kotok: Pulau Kotok adalah salah satu lokasi snorkeling yang cukup ramai di daerah Kepulauan Seribu. Vegetasi di tempat ini masih original. Pemandangan bawah laut di tempat ini bisa membuat para snorkel ketagihan menyelam disini. Pulau Kotok selalu terjaga kelestariannya karena di pulau ini tak tersedia wahana-wahana seperti yang terdapat di Ancol misalnya banana boat, jetski dan sejenisnya.
  8. Pulau Ayer: Pulau ini memiliki sebutan dengan Mutiara Kepulauan Seribu. Letak pulau ini hanya berjarak kira-kira 14 kilometer dari Marina Ancol. Daya tarik utama dari Pulau Ayer adalah keberadaan resort yang ada di atas lautan dengan motif etnik Papua yang amat tradisonal dan sisi-sisi pantai di daerah pulau ini pun tak kalah indah dengan pulau-pulau yang lainnya.
  9. Pulau Pramuka: Pulau Pramuka juga tak kalah unik untuk menjadi tempat wisata. Berlibur di tempat ini bisa memperoleh dua hal bersamaan yaitu kegembiraan dan wawasan. Di pulau Pramuka ini, bukan hanya bisa merasakan suasana liburan laut yang mengasyikan. Anda pun bisa belajar sebentar tentang penyu sisik sebab di pulau ini terdapat tempat budidaya penyu sisik yang termasuk sebagai jenis penyu langka.
  10. Pulau Bidadari: Tempat Pulau Bidadari tak terlalu jauh dari wilayah Jakarta. Hanya sekitar 15 kilometer. Dari sini telah mampu mengintip gedung-gedung Jakarta yang terlihat seperti miniatur kota. Wilayah pulau Bidadari ini juga memiliki catatan sejarah yang cukup penting. Salah sebuah buktinya yakni adanya benteng perlindungan yang berdiri tegak di sana.