Klasifikasi HAKI Memang Sangatlah Penting Untuk Dilakukan

Klasifikasi HAKI Memang Sangatlah Penting Untuk Dilakukan – Menurut WIPO, klasifikasi HAKI dibedakan jadi 2 bagian, yaitu hak cipta serta hak kekayaan industri.

(HAKI) Hak Kekayaan Intelektual

Yang pertama bakal dibahas ialah hak cipta (copyrights). Untuk yang masih belum mengetahui, hak cipta adalah hak istimewa yang diberi pemerintah untuk pencipta sebuah karya original (seperti saja karya seni) untuk mempublikasikan, memperbanyak, ataupun memberikan izin pada orang lain yang ingin memperbanyak hasil ciptaannya itu.berdasarkan UU Nomor 19 tahun 2002 yang mengatur yang berkaitan dengan hak cipta, hak cipta hanya terdiri dari Tiga jenis saja (karya yang berisi konten ilmu pengetahuan, seni, serta sastra). Bentuk perlindungan yang diberi pada pemilik hak cipta ialah berupa larangan untuk siapa saja yang bakal memperbanyak karya itu tanpa adanya izin dari pemunya hak cipta. Untuk jangka waktu berlakunya hak cipta yang diberi oleh pemerintah ialah berlaku selamanya, tapi ada pula yang cuma berlaku 50 tahun usai dia memperoleh hak cipta. Karya yang cuma berlaku 50 tahun itu merupakan karya tersebut berbentuk: program komputer, fotografi, sinematografi, database, serta karya hasil pengalihwujudan. Bila memang ada yang melanggar hak cipta sebuah karya, maka orang itu bakal dikenai sanksi sama dengan UU hak cipta yang tengah berlaku sekarang. Adapun beberapa hal yang tidak dianggap melanggar hak cipta ialah bila:

  1. pemakaian karya orang lain yang telah terdaftar hak cipta tapi untuk keperluan pendidikan, membuat laporan, riset khusus, penulisan kritik ataupun review yang tidak terkandung, unsur merugikan pemunya hak cipta, serta penulisan karya ilmiah di bangku kuliah untuk mahasiswa serta dosen,
  2. pengambilan karya orang lain untuk pembelaan didalam ataupun diluar pengadilan.
  3. pengambilan karya ciptaan orang lain entah itu keseluruhan ataupun sebagian untuk kebutuhan:
  4. Ceramah yang sengaja ditujukan untuk kebutuhan pendidikan ataupun ilmu pengetahuan,
  5. pertunjukan yang tidak dipungut biaya untuk peserta yang berkunjung dengan ketentuan tidak memunculkan kerugian kepada pemilik asli hak cipta,
  6. erbanyak karya yang sudah terdaftar hak cipta untuk kebutuhan tunanetra (huruf braile), kecuali bila perbanyakan itu terdapat unsur uangnya,
  7. perbanyakan hasil karya orang lain disamping program komputer dengan terbatas untuk kebutuhan perpustakan, lembaga ilmu pengetahuan, serta segala yang berkaitan dengan pendidikan. Semua tidak disebut melanggar hak cipta bila menautkan sumbernya di mana dia mengambil hasil ciptaan itu. Klasifikasi dari HAKI yang pertama ini memang materi pembahasannya yang sangat banyak dibanding jenis HAKI yang lainnya.

Hak Paten

Menurut WIPO HAKI merupakan hak kekayaan industri, yaitu hak yang mengatur semua hal seputar karya milik perindustrian, terutama yang berkaitan dengan perlindungan hukum, hak kekayaan industri masih diklasifikasikan kembali menurut pasal 1 konferensi paris tahun 1883, lalu mendapati amandemen serta disempurnakan di tanggal 2 Oktober 1979, yang terdiri dari:

  1. hak paten, adalah hak eksklusif yang diberi oleh negara dengan besar hati untuk pencipta karya original di dunia teknologi. Adapun usai sukses mendapat hak paten, jangka waktu yang berlaku ialah 20 tahun. Untuk UU yang mengatur, hak paten ialah UU nomor. 4 tahun 2001.
  2. merek dagang, merupakan hasil karya orang lain, sejumlah orang ataupun lembaga tertentu berupa sekumpulan huruf, angka, gambar yang menjadi pembeda dengan produk yang diluncurkan oleh orang lain. Untuk UU yang mengatur, merek dagang ialah UU nomor. 15 tahun 2001
  3. hak design industri, adalah hak istimewa yang diberi negara Indonesia pada pemilik karya entah itu dua dimensi ataupun tigaa dimensi, yang mana punya nilai keindahan untuk sebuah rancangan proses industri. Adapun Untuk UU yang mengatur, hak design industri ialah UU nomor. 31 tahun 2000.
  4. hak design tata letak sirkui terpadu, merupakan hak perlindungan hukum dari pemerintah untuk besutan tata letak sirkuit terpadu. Sirkuit terpadu merupakan komponen elektronik yang dikecilkan Bentuknya (bentuk miniatur). Adapun Untuk UU yang mengatur, hak design tata letak sirkuit ialah UU nomor. 32 tahun 2000.
  5. rahasia dagang, merupakan rahasia yang dimiliki oleh perusahaan tertentu ataupun dapat juga individu didalam sebuah proses produksi. Adapun Untuk UU yang mengatur, rahasia dagang ialah UU nomor. 30 tahun 2000.
  6. varietas tanaman diatur didalam UU nomor 29 tahun 2000. Yaitu perlindungan khusus yang diberi pada varietas tanaman yang sudah dijumpai oleh pemulia tanaman lewat suatu aktivitas seperti pemuliaan tanaman. Tanaman ini dilindungi dapat disebabkan sebab mempunyai keindahan yang tiada tara, dapat dipakai untuk penyembuhan penyakit, unik, untuk bahan pangan masa depan, dan lain lainnya.

Demikian topik yang berkaitan dengan Klasifikasi HAKI berdasarkan WIPO yang dapat dihadirkan pada Kamu sekalian. Apapun jenis karya Kamu, asalkan telah termasuk kedalam kriteria klasifikasi HAKI yang sudah dijelaskan itu, ada baiknya secepatnya didaftarkan saja supaya mendapat HAKI, sehingga karya Kamu aman. Dengan teknologi yang makin canggih di zaman sekarang ini, pencurian oleh orang yang tidak bertanggung jawab makin marak terjadi. Pastinya Kamu pribadi tidak ingin mengalami hal itu bukanlah? Ayo daftar HAKI sekarang juga!

Leave a Comment